Sabtu, 24 November 2012

Sambel goreng kuning pepaya muda.

Ini resep yang menurut saya uenak lho.. seperti biasa, saya bagi menu resep yang murah meriah selalu. Jadi jika mau praktek nggak harus punya duit banyak buat beli bahannya.

Di desa saya, pepaya muda bisa dijadikan berbagai macam makanan. Ada yang dimasak oseng-oseng kecap pedas (yang itu saya suka jugaaa apalagi kalau dicampur pete.. haduuuh), ada di masak dengan bumbu rawon, ada juga buat sekedar sayur bening buat nemenin bayam agar enggak sendirian di panci hehe..

Yang mau saya bagi adalah sambel goreng kuning bumbunya. Karena kemarin baru saja memasaknya kemudian jepret jepret sehingga ada fotonya.

Bahannya :

1. Pepaya mentah tentu saja. Kalau agak gede ya separuh saja yang dipakai. Pepaya muda itu dikupas kemudian dipasrah atau diiris kecil-kecil panjang macam korek api.
*Ada yang nggak ngerti pasarah? pasrah itu kalau disini ya alat masak temennya parut, terbuat dari besi..
Ini lho gambarnya :

Alat bernama pasrah itu lebih memudahkan bagi orang yang pengen motong kecil-kecil panjang. 
2. Cabe ijo. Sesuai selera level pedas yang diinginkan.. kalau saya kemarin pake 10 lebih hehe.
3. Bawang putih dan merah 3/4 siung, Cabe merah 1 biji, cabe kecil (bukan rawit, disini nggak ada cabe rawit) sesuai level selera.. kalau saya enggak ngitung, banyak deh hehe. Semua diulek dengan garam.
4. Lengkuas digeprek.
5. Daun jeruk purut.
6. Santan dari 1/4 butir kelapa.
7. Pete dan ale (gambarnya ale itu yang ada diatasnya pete, biasanya dijual sepaket sama lombok ijo) jika doyan ^^



Eksekusinya : kalau semua sudah siap, baru panaskan wajan dan sedikit minyak. Masukkan bumbu yang sudah diulek sampe harum, kemudian pete, lengkuas, daun jeruk purut, cabe ijo dan ale.. oseng oseng sampai agak layu. Kemudian baru pepaya mudanya. Oseng lagi kalau sudah layu masukkan santan. Tambahkan gula dan sedikit penyedap. Bisa ditambah tahu atau tempe goreng, atau ceker ayam kalau pas ada hehe.. Kemudian bisa dipindahkan ke panci atau mangkok agar kalau memanaskan lagi lebih mudah.
Terakhir tambahkan bawang goreng *sekali lagi kalau tadi sebelum goreng bumbu enggak lupa menggoreng, kalau saya kemarin lupa :D

Dan kalau sudah mendidih dan diicip-icip bisa diangkat.



Beneran deh, saya bukannya lebay.. tapi karena sudah kesukaan jadi rasanya enaaak banget ^^..
***.


Kapan-kapan insyaAllah saya posting lagi resepnya yang oseng-oseng pepeya muda pake kecap, tidak pake santan. Pastinya pake pete dan pedaaaz juga hehe..
Semoga manfaat :)
*

2 komentar:

  1. ini nih baru makanan jombang hehehe..iyha,ibukku kl masak juga bikin lidah errrrrrrrrrrr...weenak tenan :D

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...