Sabtu, 24 November 2012

Penthol Ojek (pentol tanpa daging).

Ini cemilan bener-bener murah meriah. Pas mantep banget kalau bikin dan maem saat musim hujan. Hujan-hujan dingin enaknya kan makan yang anget-anget kenyol-kenyol gitu hehe..

Langsung saja ya, ini resep penthol (sudah tahu yang namanya penhtol bukan! kemarin pernah saya posting DISINI  keterangan tentang makanan bernama pentol itu apa dan bagaimana? ^^). Saya dapat dari Neng Lu'luil Maknun, teman fesbuk sekaligus teman saat di pesantren dulu. Di masa sekarang dia jadi pinter banget otak atik kuliner.

Ini bahan-bahannya :
-3 ons tepung terigu.
-2 ons tepung kanji.
-Air es secukupnya.
-Bawang merah goreng (menurut saya semakin banyak semakin gurih dan enak..)

Bumbunya :

-Bawang putih 4 atau 5 siung.
-Kemiri 1/2 butir saja.
-Merica beberapa butir saja.
-Garam.
-Penyedap secukupnya.

Caranya :
Kalau neng Luluk tidak menyarankan untuk menggoreng bawang dan kemirinya. Tapi saya improvisasi saja menggoreng dulu bawang dan kemiri sebelum diulek (maksud saya sih buat menghilangkan rasa sengir atau getirnya bawang dan kemiri mentah hehe.. nebak nebak saja). Jadi bawang, kemiri, merica dan garam diulek jadi 1 kemudian campur tepung, bumbu, penyedap plus bawang goreng bersama air es. Sampai kekentalan tertentu bisa dicoel dan dibentuk-bentuk menggunakan tangan...



Sesudah itu langsung direbus di panci hingga naik ke permukaan. Kemudian tiriskan. Atau bisa langsung dikukus di dalam dandang, bisa juga memakai penggabungannya direbus kemudian kalau sudah naik dipindah ke dandang dipanasin lagi biar makin mantep. Kesemuanya cara tersebut tetep bikin hasilnya maknyush.. insyaAllah ^^.

Sesudah matang lekas membuat sambalnya. Kalau saya sih gampang-gampangan saja. cabe dan kacang di goreng kemudian diulek halus, ditambahin kecap dan saus sambal. Dan siap jadi cemilan anak-anak dan juga orang dewasa.




Selamat mencoba... murah meriah asli ^^

47 komentar:

  1. mau bikin gini aah besok, lebih nyaman dan aman bikin pentol sendiri dari pada khawatir beli diluaran pake bahan2 yang aneh2 yaa mbak :)

    BalasHapus
  2. iya mbaaak.. kalau beli dan diarasakan agak getir rasa pentolnya hati2.. itu pake obat puli alias borak :( katanya biar ga gampang basi

    BalasHapus
  3. Cilok kali ya kalo disini ...
    enak dimakan anget2 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak di beberapa daerah namanya cilok. tp kalau disini cilok itu ya sama dgn pentol tapi digoreng.. makasih sdh mampir :)

      Hapus
  4. pengen euyy...bikin.enak ya mbak?aku belum pernah beli ojek.hehehe

    BalasHapus
  5. Wiiihh jd pngen nybani aplg ddesa lg msim ujan pasti mantaptu buat cemilan ngumpul am kluarga aseeekkk

    BalasHapus
  6. Wiiihh jd pngen nybani aplg ddesa lg msim ujan pasti mantaptu buat cemilan ngumpul am kluarga aseeekkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo silahkan dicoba.. :)
      makasih sdh mampir

      Hapus
  7. aq nyoba inii,,, maksih y mbk,,,, klo di kampung q namanya sama ,, pentol juga... hihihi,,, jd kngen pulkam

    BalasHapus
  8. hihi,, bingung mbk,, tr coba yh,, baru x ni komen d ginian,, eh d tambah irisan daun seledri enakk,, tapi kurang asin,, lupa ngasihnya saat adonan uda jdi,, tapi di cocol sambelnya,, mantaaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp.. makasih udah nyoba resepnya :)

      Hapus
  9. idiiiih mbk Binta bisa jadi koki ~master chef nih. Buruan ikut,mbak...ijin nyoba resep ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok mbak dicobaa.. master chef rumahan ajaaa.. ^^

      Hapus
  10. bumbu kacangnya nggak dibumbuin apaaa gitu? garem kek..atau gula? *siap2 bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. garem aja mbak.. gak pake gula, kecapnya udah maniss.. yg bikin pst juga udah manis hihi.. selamat mencoba :)

      Hapus
  11. resep sausnya gimana mbak? kayaknya saus/bumbu kacang sangat menentukan rasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. resep saus sambal : cabe sesuai selera, kacang tanah, sedikit garam, kecap dan saus tomat. ulek dan campur saja.. sudah enak :)

      Hapus
  12. Alhamdulillah makasih rujukannya mbak, ijin tak cantumin di noteku alamatnya.
    tapi note di rumah yg lain di http://erleenarakhma.wordpress.com/2013/05/15/

    BalasHapus
  13. saya juga sering ni mbak bikin di pesantren saya hingga saat ini buat temen ngemil bareng santri-santri lain, tapi tapi resepnya sich ngira-ngira.

    makasih nich buat resepnya :D

    BalasHapus
  14. oh iya nich. kadangkan kalau cilok dah naik ke permukaan waktu direbus tapi dalemnya kadang masih kurang mateng n kadang masih keliat adonan tepungnya. nah biar mateng merata itu gmana caranya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya jawab di inbok fb ya :)
      makasih sudah mampir

      Hapus
  15. Kasih godong bawang lebi mantap cuye..

    BalasHapus
  16. Kasih godong bawang lebi mantap cuye..

    BalasHapus
  17. yang luar udh matang tp knp dalemnya masih mentah???

    BalasHapus
  18. yag aku sudah buat. tp kok bagian dalamny ngak matang dan masih jadi tepungT____T????......kira2 gimana biar dalamny matang?????...padahal udah 2jam direbus !!!!

    BalasHapus
  19. Annizzanissa nizza15 Agustus 2013 23.27

    Mbak aq buat tapi kok alot kaya karet gmn ya supaya empuk...

    BalasHapus
  20. zenni : terlalu besar bulet2in mungkin mbak.. kecil2 aja trs apinya gede dan rata :)
    kepengen : jawabannya sm sprt zenny ya, kecil2 aja buletinnya
    nizza : kalau pengen lbh empuk ditambahin prsi terigunya.. kanji emang bikin alot tp itu sih kataya bikin pentol ojke jd makanan penuh tantangan hehehe..

    BalasHapus
  21. Resepx mantap mbak..slain buat cemilan sa punya anak. Bisa jg buat campuran sambal goreng kentang. Lebaran kmrn bnyk dpt pujian :-) makasih resepx ya mbak..

    BalasHapus
  22. klo adonan pké air panas gimana? Soalnya saya dapat dr teman pake air panas.

    BalasHapus
  23. mbak.. yg bwang merah goreng nya itu hrus sampe kecoklatan dulu ya??

    BalasHapus
  24. mbak.. yg bwang merah goreng nya itu hrus sampe kecoklatan dulu ya??

    BalasHapus
  25. aan : kalau air panas kurang tahu.. belum pernah nyoba
    amelia : iya bawangnya mpe coklat aja jangan mpe gosong hehe..

    BalasHapus
  26. Mantap nich,,,,cba resepnya y,,,,bhnx mdsh dcari+simple

    BalasHapus
  27. mksh y mbk rasanya gurih gurih mak nyoiiiiii.................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  28. Bisa jddi bulet2gtu gmn carany? Koq ini susah bgt ya

    BalasHapus
  29. Sbnrny lbh bnyk kanjiny atau trigunya,,,,bingung

    BalasHapus
  30. Sbnrny lbh bnyk kanjiny atau trigunya,,,,bingung

    BalasHapus
  31. Keliatannya gampang ya bikinnya kaga ribet.. ntar bikin ahh.. daripada beli diluar..

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...