Minggu, 22 Juli 2012

Oseng terong sambel ijo.

Resep yang aku dapat dari chating dengan seorang teman maya. Bu Upik Sivaananda namanya.
Setelah dicoba di dapur dengan nambah ngurangin bahan-bahan tertentu (menyesuaikan dengan bahan yang mudah didapat sih) ternyata masakan itu jadi favoritnya suami. Uenak katanya hehe..

Baiklah, ini resepnya :

Terong ungu, gak pake dikupas cukup dicuci kemudia potong kotak2 atau sesuai selera. kemudian digoreng.



Bumbunya cukup cabai hijau besar (untuk 1 terong agak besar biasanya saya pakai 1/2 ons cabai), Tomat hijau sesuai selera (kalau saya lebih suka banyaaak, nambah asam segar) 3siung bawang merah, garam dan gula.
Cabai, tomat dan bawang merah digoreng kemudian diulek bersama garam. Selanjutnya tumis bumbu, tambahkan gula dan terong goreng tadi, tambahkan air juga jika tidak suka terlalu kental.

Nah  yang diatas itu resep asli dari Bu Upik, sementara kadang-kadang aku ganti tomat hijau dengan yang sudah merah jika abang tukang sayur gak bawa yang hijau :D, kemudian aku tambahkan gorengan teri dalam osengannya, kadang juga aku tambahkan ale (yang biasanya dijual sepaket dengan cabai hijau, orang sini dipakai buat campuran sayur lodeh).

Setelah matang dan beraroma harum, segara angkat dan sajikan... maknyus disajikan bersama nasi hangat plus tempe goreng.

Gambar koleksi pribadi, nah.. yang putih panjang kepalanya kuning itulah yang dinamakan ale (bukan suami dari Nia Zulkarnaen loh wkwkwk..)

11 komentar:

  1. Balasan
    1. :)) makasih mbak sdh bersedia ngintipin..

      Hapus
  2. weh enak nampaknya, mau mau mau campur sama ayam goreng, wakakakak :D

    Mau coba aah resepnya :D

    BalasHapus
  3. everything's fine ko maak :)
    mau donk ituh yang digambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sdh balik asal blog ini mbak :)

      Hapus
  4. duh mb tmbh tempe goreng maknyuusss ituu.. ^_^

    BalasHapus
  5. itu maknyus aja liatnya mbak...

    BalasHapus
  6. gorengnya sampai agak gosong enak, pait2 gmn gtuh...

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...