Saya mungkin orang tua yang tak begitu menerapkan teori-teori yang pernah diberikan olah para pakar pendidikan anak, baik itu yang terdapat dalam artikel, buku atau seminar. Pada kenyataannya selain teori itu susah dipraktekkan tetapi juga ternyata tak semua cocok untuk semua anak-anak yang sangat beragam karakternya
Anak sulung saya bernama Fahri, usianya 8 tahun. Sementara yang kedua bernama Zahra, berusia 4 tahun.
Semisal kalau Fahri dan Zahra sedang menghadapi bahaya, seperti main lari-larian tak peduli jalan raya atau main lari-larian di dekat lubang sumur, apa mungkin saya masih bisa berkata-kata lembut dan santai? Jika peringatan pertama dengan volume standar tidak didengar dan dipatuhi maka bagi saya wajib berkata keras-keras untuk melarangnya jika pada saat itu saya tak punya waktu cukup untuk mendatangi tempatnya bermain.
Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Penulisan Blog 'Peran Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil' yang diadakan oleh Website Sari Husada, Nutrisi untuk bangsa.
Sesungguhnya watak atau karakter anak tentulah yang paling mengenalnya adalah orang tua. Orang yang menemani aktifitasnya selama 24 jam, dan harusnya yang paling mengerti cara penanganannya juga orang tuanya, bukan orang lain. Tak semua kata-kata psikolog atau anggota komnas perlindungan anak teorinya harus dipatuhi. Ada beberapa hal yang harus disesuaikan dengan kondisi tertentu saat berinteraksi dengan anak.
Teori-teori yang agaknya kurang saya patuhi adalah :
1. Jangan pernah berkata dengan nada tinggi kepada anak, karena akan membunuh benih-benih kreatifitasnya.
Ahay... dalam hal ini, jujur saya akui kalau saya meski tidak sering tapi pernah juga berkata keras atau membentak kepada anak. Saya berpendapat bahwa berkata dengan keras itu juga perlu, tergantung keadaannya.
Anak sulung saya bernama Fahri, usianya 8 tahun. Sementara yang kedua bernama Zahra, berusia 4 tahun.
Semisal kalau Fahri dan Zahra sedang menghadapi bahaya, seperti main lari-larian tak peduli jalan raya atau main lari-larian di dekat lubang sumur, apa mungkin saya masih bisa berkata-kata lembut dan santai? Jika peringatan pertama dengan volume standar tidak didengar dan dipatuhi maka bagi saya wajib berkata keras-keras untuk melarangnya jika pada saat itu saya tak punya waktu cukup untuk mendatangi tempatnya bermain.
Contoh lagi adalah ketika Fahri atau Zahra sengaja atau tidak sengaja mengganggu orang lain, baik itu teman sebayanya, anak yang lebih kecil atau orang dewasa. Saya mewajibkannya berhenti dari perbuatan mengganggu tersebut dan minta maaf. Saya tidak pernah memintakan maaf atas kelakukan anak saya. Dia harus belajar bertanggung jawab untuk minta maaf sendiri. Jikalau tidak mau maka saya juga terpaksa berkata dengan nada tinggi. Memasang wajah 'monster' agar mereka mau melakukan apa yang saya minta. Setelah mereka memenuhi permintaan saya untuk minta maaf, maka biasanya saya susul dengan permintaan maaf saya karena telah 'menakuti' mereka.
Berkata dengan nada tinggi memang bisa membunuh benih-benih kreatifitas anak. Namun logikanya kreatifitas itu kan bukan hanya dalam hal-hal yang positif bukan? banyak juga kejahatan-kejahatan yang dilakukan dengan sangat cerdas dan kreatif, seperti penipuan dengan bermacam-macam modus. Yang bisa dikata setiap masa selalu terlahir tipuan-tipuan dengan kreasi yang baru yang kesemuanya tetap saja merugikan orang lain. Nah harapan saya saat berkata keras dalam situasi yang saya anggap urgen diatas itu hanya membunuh benih-benih kreatifitas yang negatif saja.
2. Jangan pernah berkata 'jangan' kepada anak, alias melarang. Tapi ajak dan alihkan perhatiannya kepada kegiatan lain.
Wow, ini teori kedengarannya bijak dan mudah ya? tapi bagi saya ini kurang mendidik. Jangan pernah melarang!, bukankah nanti secara tidak langsung malah menjadikan anak tak mengerti apa itu larangan. Padahal kelak ketika mereka dewasa akan dihadapkan berbagai macam peraturan di masyarakat. Peraturan-peraturan yang didalamnya ada perintah dan juga larangan. Lagipula mengalihkan kepada aktifitas lain itu juga sangat susah dilakukan, ketika aktifitas pertama belum ada kalimat larangan.
"Jangan corat-coret tembok!" saya sering mengatakan hal itu kepada Fahri dan Zahra. Meski ada saran dari orang lain untuk membiarkan mereka menumpahkan kreatifitasnya dalam menarikan crayon atau pensil. Dan orang-orang yang manyarankan itu saya lihat tembok rumah mereka juga penuh dengan coretan benang kusut tak berbentuk. Hmm.. iya benar saya dengan tegas berkata 'jangan' yang berarti larangan. Supaya mereka tahu bahwa menulis tempatnya bukan di tembok, tapi di papan tulis, buku atau kertas. Jadi setelah melarang saya dan suami membuatkan papan tulis juga memberikan buku dan kertas sebanyak-banyaknya dan mengatakan bahwa mereka bebas mencoret apa saja disana. Dengan melarang mencoret tembok saya ingin menunjukkan sebuah peraturan-peraturan skala kecil, sebelum dia kelak dijejali berbagai macam peraturan skala besar saat dewasa.
Bukankah dalam peraturan di masyarakat nanti akan ada sangsi jika nekat menerjang larangan? akan ada namanya hukuman tilang, denda atau kurungan penjara jika berurusan dengan polisi. Akan ada sangsi digunjingkan dan dicemooh jika nekat menerjang larangan adat atau larangan agama dalam lingkuan masyarakat tempat tinggal kita. Jadi menurut saya tak ada salahnya melarang, tapi harus disertai alasan yang tepat untuk menunjukkan bahwa perbuatan yang dilarang itu kesalahan. Jika tak pernah dilarang mana mungkin anak akan tahu apa itu kesalahan.
Fahri dan Zahra, anak-anak saya kelak akan menjadi pemimpin untuk anggota tubuh, akal dan hatinya sendiri. Maka saya menyiapkan sedini mungkin -dengan cara saya- agar mereka nantinya mampu bijaksana dalam menjalankan kepemimpinannya.
Jika mereka sudah mampu memimpin dirinya sendiri, insyaAllah menjadi apapun mereka nanti tidak akan menjadi manusia yang merugi. Akan menjadi manusia yang berusaha bermanfaat untuk orang lain.
Doa dan dukungan saya selalu untuk anak-anak tersayang, Fahri dan Zahra.
***
Fahri Ahmad Alawi dan Alhanuf Zahra Nadiyya. |
Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Penulisan Blog 'Peran Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil' yang diadakan oleh Website Sari Husada, Nutrisi untuk bangsa.
Kalo saya gak setuju dengan "jangan berkata jangan" karena sy pernah baca juga .. dari psikolog juga kalo ada hal yang amat berbahaya ... bisa dikeluarkan. Tapi kalo saya sih ... kebanyakan bilang jangannya hehehe.
BalasHapusSy juga termasuk ibu yang galak mbak meski kata orang2 kemasan saya keliatannya lembut hahaha itu semata2 krn sy mau bersikap tegas sama anak ... cuma ya ... masih suka kebablasan, yang sebenarnya gak perlu marah bisa jadi marah huhuhu ...
hehehe tos lah mbak :D
Hapusjd peernya adalah mengerem yang suka bablas itu ya mbak.. smoga kita dimudahkan dalam melakukannya.. amiin :)
tulisan ini bukan utk lomba mb? bisa buat oomba pemimpin kecil tuh
BalasHapusiya mbak buat lomba.. kemarin memang belum sempat nambah keterangan sm bannernya hehe..
Hapusmakasih sdh mampir :)
Ternyata saya ada teemennya. Malah mama mertua dukung saya jd galak krn suami lbh mudah menyerah pada anak :D
BalasHapushehehe tos juga yuk mbak.. sesama emak galak :D.. tp galak karena benar kan ya hehe
HapusMenjadi orang tua memang harusnya mempunyai kesabaran yang ekstra dan besar.
BalasHapusKarena semakin berkembangnya seorang anak maka perilakunya juga bermacam-macam.
Karena saya belum pernah menjadi orang tua, maka pengalaman saya sebagai seorang anak turut bangga membaca postingan ini.
Terus didik sebaik mungkin Mbk.
Terimakasih, salam persahabatan dari Jember.
salam persahabatn jg mas imam.. matur suwun sdh mampir :)
Hapussaling doakan ya.. smoga kelak jg bs menjadi ortu yang baik bagi anak2nya.. amiin
Waaaaa,,pas bgt nih bacanya. Lagi bingung sm teori "jangan berkata jangan". Kalau utk melarang hal yg berbahaya emank ga bisa ga bilang jangan dan kudu keras ya mb.. Ya,,namanya teori kan terus berkembang,yg tau anak kita ya kita sendiri.
BalasHapusBtw,,moga2 menang lombanya ya :)
makasih doanya ya mba :)
Hapusyup yang tahu anak kita pastilah kita yang yg 24 jam menemaninya ya... tetap filter mana2 teori yg cocok dipraktekkan mana yang tidak. :)
wahh... gak tepat bgt neh,, belum punya pengalaman soal rumah tangga neh! #jomblo
BalasHapusmakanya nikah brow :D... makasih sdh mampir
HapusSaya (dan istri) juga termasuk yang teruss belajar mengenai kataa jangan pada anak. Rumi, 3,5 tahun, sedang aktif-aktifnya. Kalau dilarang dengan 'jangan', dia malah melakukan aktivitas yang dilarang. Akhirnya saya memilih menghapuskan 'jangan' dan menggunakan perintah sebaliknya.
BalasHapusMisalnya, "Jangan loncat2 di atas kasur, Mas!" Eh dia malah tambah kenceng lompatnya. Lalu teringat film Dr. Seuss' The Cat in the Hat di mana dalam film itu ada dua tokoh yang melakukan sesuatu berlawanan dengan perintah. Nah, dari sini skarang saya balik perintahnya.
Kalau saya ingin Rumi tidak menggoda adiknya, saya bilang, "Mas, goda adik sampai nangis!" Ajaib, dia langsung diam dan kendor. Lalu merapat ke Bundanya sambil nyengir. Daan selalu berhasil.
Tapi memang butuh pendekatan masing2 untuk menertibkan anak-anak. Semoga menang dalam kontes ini Mbak.
Oiya, saya belom lihat banner di widget ya? kalo ga salah itu juga dipersyaratkan deh :)
oh kalo itu namanya nge-lulu dalam bahasa jawa.. gak pake kata 'jangan' tapi malah nyuruh.. biasanya anak malahan takut ga brani melakukan apa yang disuruh.. krn mereka bingung biasanya dilarang kok sekarang disuruh? wah brrt ayah ibuku sdh ngambek nih :D
Hapussekali kembali pada karakter anak nggeh pak.. gak selalu sama penerimaannya. ada yang ngerti di-lulu. ada yang nggak faham.. anak saya pernah saya balik saya suruh teriak2 ramai lebih keras saat saya pusing dengar bisingnya mereka.. eh ngerjain beneran.. malah repot saya.. :D
oh ya banner.. makasih diinatkan nnt saya cek lagi aturan lombanya :)
Hapussangat disayangkan jika pendidikan hanya bertumpu kepada sesuatu yang baik dimata anak (anak senang). dengan sesekali melarang anak berarti kita mengajar ada parintah dan larangan dalam agama.
BalasHapusyup makasih sdh mampir :)
Hapushehehe... saya setuju mba. kalo misalnya anak mau terkena bahaya, masa kita ngomongnya alon2? :)
BalasHapusiya mbak hehe
Hapus