Minggu, 05 Mei 2013

Jangan Corat coret tembok, Nak! (Dimuat di rubrik gagasan Jawapos)


Alhamdulillah dimuat lagi tulisan saya di rubrik Gagasan Jawapos edisi Senin 6 Mei 2013. Kali ini tidak banyak diedit. 

Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan juga berikut cara-caranya :
Kirim ke email opini@jawapos.co.id sekitar 100-250kata disertai data diri dan nomer rekening. Jangan lupa subjek emailnya GAGASAN.

Semoga tulisannya bermanfaat. Amiin..
------------

Versi tulisan asli :
                            
                           Jangan Corat-coret tembok, Nak!
       
       Dalam hal mendidik anak, banyak sekali orang yang mengatakan dan menyarankan untuk membebaskan kreativitas anak. Termasuk membiarkan tembok dalam rumah menjadi penuh dengan coretan. Jika dibiarkan menumpahkan kreasi dan imajinasinya anak-anak akan menjadi lebih cerdas.

Tapi saya berpikir lain. Saya tetap melarang dengan tegas pada anak-anak saya ketika masih balita agar jangan sampai mencoret-coret tembok rumah kami. Bukannya saya lebih sayang kepada tembok daripada anak atau tak ingin punya anak cerdas. Namun sesungguhnya saya juga memikirkan tentang pendidikan dengan cara itu. Saya ingin sejak dini mengenalkan anak-anak pada peraturan. Dalam perjalanan hidup anak-anak nantinya pasti selalu bertemu dan tak bisa menghindar dari peraturan, baik yang dibuat manusia atau Tuhan, baik yang tertulis atau tidak tertulis.

Kalau mau mencoret-coret dan menggunting saya sediakan kertas-kertas buram atau kertas bekas sebagai sarana. Agar mereka mengerti bahwa menulis atau mencoret itu tempatnya di buku bukan di tembok. Lama-lama mereka mengerti dan tak pernah mencoret tembok rumah kami apalagi rumah orang lain. Bagi saya, kecerdasan yang tidak bisa dikendalikan dengan peraturan bisa-bisa menjadikan korupsi sebagai ‘kreativitas’ yang cerdas dan tak mau dibilang culas.





Versi cetak di digital jawapos http://digital.jawapos.com/shared.php?type=imap&date=20130506&name=H4-A231643






16 komentar:

  1. lho mbak katanya di japos ada asas pemerataan.kalo sdh nuiis sekali kemungkinan dimuat kecil. Gantian yang lain. ternyata...?? Congrat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. sy tak tau asas itu mbak.. bonek aja nyoba dan nyoba kemana aja :)

      Hapus
  2. keren mak.. begitu sekali dimuat langsung dimuat terus ya.. aku juga suka bilang ke anak, kalo mau gambar atau nulis di buku ya.. jangan di tembok, kursi atau meja

    BalasHapus
  3. Keren mbak, dimuat terus. Ini berapa masa tunggu dan honornya mbak
    *langsung nodong tanya honor :D*

    BalasHapus
  4. Wah, keren deh Mbak Binta. Pengen nyoba juga ah ^_^

    BalasHapus
  5. sebelum baca postingan ini, senin pagi saya sudah mambaca koran jawa pos dan ada tulisan mbak Binta, selamat ya :) semoga bisa menyusul aamiin.

    BalasHapus
  6. Di jabodetabek corat corer fasilitas umum udah sangat parah. Baru sehari ada fasilitas baru dipasang, besoknya sudah dicoretin. Bahkan pos pokisipun udah penuh grafiti.

    BalasHapus
  7. Selamat mb :) saya baru 2 kali kirim ke gagasan dan sukses ga lolos hehe. Eh masa tunggu sampi 2 minggu ya mb? Kirain klo 5 hr ga terbit berarti dianggap ga layak.

    BalasHapus
  8. mbak sri : makasih sudah baca :)
    mbak arin : iya mbak.. saya mulai mendidik aturan jangan coret tembok dr rumah :). makasih sdh berkunjung
    mbak vanda : masa tunggu honor mbak maksd saya yg 2 minggu... kalau masa tunggu tayang emang 5 hari.. kalau ga dimuat brrt dianggap balik ke penlis hak tulisannya.. insyaallah bergitu :). eh makasih jg sdh maen lagi ke rumah saya ^^

    BalasHapus
  9. Selamat ya mba.. ketika anak saya yg pertama sedang senang2nya mencorat-coret, awalnya corat-coret di tembok, tapi ketika saya sediakan sarana yg lain sprti kertas, kebiasaan corat-coret tembok tdk ada lagi. Lain dgn anak kedua saya, dia tdk pernah corat-coret di tembok, melainkan senang menulis di buku, mungkin krn sdh melihat kakaknya ya..

    BalasHapus
  10. setuju sekali dengan isi tulisan ini. saya termasuk yang suka "sedih" kalau membaca tulisan yang menyalahkan seakan-akan saya lebih takut rumah kotor daripada anak tumpul kreativitasnya. salam kenal :)

    BalasHapus
  11. mbak apa setiap mengirimkan gagasan harus disertakan animasi seperti gagasannya mbak ya?

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...