Rabu, 15 Februari 2012

Jamur jadi soto? nyem nyem deh kayaknya...

Jamur?

Dulu teman-teman  sekolah dan teman-teman main di kampung sering cerita tentang jamur yang dicari di kebun-kebun atau tumpukan jerami yang basah. Katanya enak banget sih rasanya seperti daging ayam. Namun aku tidak pernah ikut mencari dan makan, soalnya ada juga yang cerita ada beberapa yang keracunan karena ngawur saat mencarinya. Ada jenis-jenis jamur yang ternyata beracun. Hmm...
Aku terkadang penasaran minta izin sama emak untuk ikut mencari jamur dan mencoba memasaknya. Namun tidak diizinkan.

"Nggak usah aneh-aneh, masih banyak makanan nggenah kok ya repot-repot mblusuk cari makanan aneh!" begitu kata emakku saat melarang. Maka jadilah saat itu aku melupakan rasa penasaran tentang bagaimana rasa masakah jamur itu.

Tapi ternyata akhir-akhir ini banyak sekali budidaya jamur kuping yang distribusinya sampai di pasar-pasar dekat rumah. Wah, karena aku sudah berumah tangga dan masak sendiri maka tak ragu aku mencobanya. Mengobati rasa penasaran di masa kecil. Mencoba di oseng-oseng... jiyyah, ternyata.... Aku nggak jago masak, rasanya aneh hehehe. Anak dan suamiku nggak doyan wkwkwk.
Kemudian ada yang menyarankan untuk digoreng tepung seperti ayam kentucky. Diiih,.. aku kurang percaya diri untuk mencoba lagi. Karena bikin ayam goreng tepung saja sering gagal, malah uring-uringan aku nanti ketika sudah susah-susah masak kemudian gagal menjadi masakah layak makan dan tak ada yang mau makan huhuhu...

Walhasil, ternyata pada berbagai acara kuliner di tivi, banyak jamur dijadikan pengganti daging dalam olahan restoran vegetarian. Beragam varietasnya, banyak pula gizinya. Hmm...Lagi-lagi aku ngiler penasaran, penampakan hidangannya kelihatan enak banget sih hihi..

Kemudian suamiku membeli jamur goreng krispy yang dijual di gerobak-gerobak jajanan pinggir jalan. (tapi milih yang bersih lho..) Duuuh, ternyata kalau bisa masak dan ngolah yang bener emang jamur tuh enak bangeeeeet.

Bahkan ada info dari kawan blogger bahwa ada olahan jamur yang dijadikan soto. Sotoji alias soto jamur instan. Seperti biasa, aku selalu ngiler melihat penampakan hidangan makanan, pengen mencoba merasakan rasanya plus pengen bisa cara memasaknya (sudah dibantu pabrik, pasti lebih mudah lah masaknya hehe).... biasalah naluri emak-emak yang pengen eksis di dapur dan rumah sendiri.

Terlecut diri ini untuk kembali belajar masak dan menghasilkan makanan dari jamur yang layak saji dan membuat anak-anak dan suami doyan. Tak muluk-muluk pengen nyaingin Farah Qwinn, asal suami dan anak-anak mau makan hidanganku saja, sudah merasa diri ini menjadi spesial.
:)
***

Nggenah : maksud emakku adalah makanan layak, yaitu tahu tempe yang biasa dimakan setiap hari hehe
Mblusuk : nyari-nyari di kebun dan jerami



Info lomba berasal dari sini nih! 

2 komentar:

  1. nyem-nyem,... mantap

    kunjungan sesama peserta nih, heheheh

    salam kenal dan follow balik juga
    Revolusi Galau

    BalasHapus
  2. berkunjung nih, liat-liat juga ke beranda saya ya sob Soto ala Sotoji
    terimakasih :) cek ke tkp

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...