Rabu, 05 Juni 2013

Tahu Kuning Gurih dengan Cocolan Sambel Petis

Kemarin pas acara ngunduh mantu nikahan adik saya ke Sidoarjo (iring-iring keluarga kamanten putri ke keluarga kemanten putra). Saya dapet oleh-oleh resep tahu kuning nih.

Karena disana disuguhin tahu kuning cocol petis yang laris diserbu orang-orang dewasa maupun anak-anak, dan kebetulan saya duduk berjajar sama orang sana (tetangganya adik ipar). Maka seperti biasa, tanya-tanya resep doong hehehe..

Ternyata itu bukan tahu taqwa yang biasanya dijual sebagai oleh-oleh khas daerah Kediri. Itu adalah tahu biasa yang diolah dengan memakai kunyit.

Dan saya sudah praktek di rumah, berikut resep lengkapnya :

Bahan :
-2 potong tahu (saya belinya sepotong biasanya seharga seribuan) potong kotak-kotak persegi agak pipih.
-1 siung bawang putih.
-2 ruas kunyit.
-Garam secukupnya.
-Penyedap rasa dikit aja.


Caranya :
Tahu yang sudah dipotong-potong dipanggang tanpa minyak di wajan teflon atau wajan dobel pan (lebih mudah pake dobel pan pas bolak baliknya). Tujuannya agar berkurang kandungan airnya.



Ketika kelihatan sudah kesat maka bumbu bawang putih, kunyit dan garamnya diulek dan dicampur air setengah gelas saja. Tuangkan pada wajan dan ungkep sampai warna kunyit meresap dan airnya nyaris habis. 
Angkat dan taruh di piring kemudian bersiap membuat sambal petis untuk cocolannya.

Cara membuat sambel petisnya :
Cabe sesuai selera dan setengah siung bawang putih digoreng kemudian diulek bersama petis dan sedikit garam, tambahkan sedikit air hangat. Bisa ditambah kacang goreng dalam ulekannya jika suka, jika ada...
Sudah siap makan, enakkk banget loh ^^




3 komentar:

  1. hahahha xD enaknya dimakan pake sendokk!

    BalasHapus
  2. waah..., cara yang seperti ini neh saya baru tahu sekarang, jadi ga pake digoreng pake minyak ya mbak.... mantap neh....

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...