Kamis, 17 Januari 2013

Terong Tunu

Macam-macam cara orang mengolah terong. Ada yang digoreng trus dimaem pake sambel, ada yang di sayur bumbu lodeh, dibumbu balado, oseng sambel ijo (seperti yang pernah saya posting disini).
Namun cara kuno dengan dipanggang (bahasa jawanya ditunu) sungguh bener-bener beda rasanya. Eksotis gitu loh :D.

Saya mulai sering mengolah terong dengan ditunu semenjak punya mertua hehe.. ya, mertua lah yang mengenalkan cara dan hasil olahan terong tunu yang mantap banget rasanya.

Langsung saja resepnya ya.
-Terong dipanggang, terserah mau memakai alat pemanggang modern atau jadul. Kalau jadul ya tinggal disusupkan ke tungku bareng-bareng kayu bakar, kalau modern ya diatas kompor pake alat pemanggang. Atau bisa juga memakai alat kreatif seperti yang dibuatkan suami saya. Dari plat motor yang tak terpakai, dicuci bersih, diilangin catnya, dilubang-lubangin sama paku, disambung dan diletakkan diatas kompor elpiji.



-Setelah keluar aroma harum agak-agak gosong kulitnya, segera angkat dan bersihkan kulitnya ddengan disisik memakai pisau.



-Nah tinggal dipadukan dengan sambelnya. Pastinya dengan cara dipenyet. Bisa sambel kelapa muda...



-Atau sambel tomat macam ini... 


 Dijamin dua-duanya sama-sama enyaaak..

Ohya, bila mungkin ada yang belum bisa bikin sambel? mungkin yang baru belajar masak gituh.. ini saya tuliskan pula resep sambelnya.

Sambel kelapa muda untuk 1 buah terong : Cabe merah kecil (biasanya saya pake 3 biji), trasi, garam dan gula secukupnya. Tambahkan parutan kelapa muda secukupnya. Dan lebih sedap lagi kalau ditambahkan gorengan ikan teri.

Sambel tomat untk 1 buah terong juga : Cabe merah besar 1 biji, cabe kecil 2 atau 3 biji, bawang merah 1 siung, Bawang putih setengah siung, 1 butir tomat. Goreng semuanya kemudian diulek di cobek (jangan diblender, jadi beda rasanya ntar kalau diblender.. kurang mantep gitulah). Dan kalau sambel tomamt lebih cocok dikasih ikan klothok/ikan gereh goreng (sekalian diulek ikan gorengnya). Ditambahkan daun kemangi juga enak.

Selamat mencoba, semoga manfaat ya. Enak banget lho^^


4 komentar:

  1. Eling simbokku, segala jenis masakane jarang yang tersisa. Sambalnya biasa pakai kemiri :)
    Entahlah apa detail resepnya, setahuku "minimalize" banget bumbunya. Mungkin ada bumbu plus, plus kasih sayang dan keikhlasan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak jun.. plus kasih sayang :)

      Hapus
  2. whuaa boleh nih dicoba kapan2 .. saya penyuka si terong ungu ini juga soale. btw, panggangan plat motornya widiiihh romantis abis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suamiku magyver mbak :D .. yuk dicob murmer banget kan hehe..

      Hapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...