Kamis, 17 Januari 2013

Bali (bukan tentang pulau dewata)

Bali yang saya maksud bukanlah bali nama propinsi yang punya pantai kuta itu. Tapi bali adalah nama sejenis resep masakan. Agak mirip bumbu balado yang terkenal itu tapi agak beda rasanya.

Di daerah saya (Jombang) populer sekali masakan ini. Sering dipakai bumbu untuk acara hajatan dan juga sering dijumpai sebagai salah satu pilihan menu di berbagai warung makanan.

Yang dimasak menggunakan bumbu Bali biasanya adalah ayam, tahu, tempe, bandeng, kentang dan lain-lain. Bahkan acapkali terong, kacang panjang, dan buah kluweh juga dibumbuin bali bagi beberapa orang yang suka.

Untuk porsi masakan semangkuk sedang, Bumbunya adalah : 5-7 Cabe merah besar dibuang isinya, 4-5 siung bawang merah, 3-4 siung bawang putih, beberapa butir merica (kalau mau ngitung ya kira-kira 4-5 butir lah hehe), jahe, garam, penyedap rasa dan gula jawa secukupnya. Jadi bedanya dengan bumbu balado terletak pada jahenya saja.
Kesemuanya bumbu diulek atau diblender kemudian ditumis sampai harum dan dicampur dengan ayam, telur, tahu atau yang lain sampai mendidih. Ditambah air sedikit sesuai selera kekentalannya.


*Catatan : resep diatas adalah resep asal, sedangkan riset saya pribadi dari resep beberapa ibu terkadang beda-beda bumbunya. Kemudian yang paling cocok dengan selera saya adalah bumbu sebagai berikut : Bumbu diatas ditambahkan cabe merah kecil 2-3 biji (supaya lebih pedas), 2 buah tomat (lebih seger ada rasa asem-asemnya), 1 butir kemiri, 1 lembar daun salam dan ditambahkan kecap.

Menurut cerita orang-orang nih, resep yang atas itu adalah resep yang asal. Namun dikarenakan cabe merah besar yang lebih sering mahal kemudian disiasati menambahkan kemiri dan tomat supaya bumbu tetap menjadi lebih banyak tapi bisa lebih hemat (kan sering dijadikan bumbu masakan kalau hajatan). Dikarenakan cabe merah cuman dikit warna merahnya agak pudar kemudian ditambahkan kecap agar kembali agak gelap merah campur hitam.

Ada yang bilang kalau resep kedua dijuluki 'bali ndeso'.. ya karena penghematan itu tadi, kesannya orang ndeso kan eman modalin banyak-banyak hehehe...

Ditilik dari rasa, sama enaknya kok.


Begini penampakan Bali ndeso ala saya...  bali sayap ayam sama telur puyuh.
                                                                            ***

Semoga manfaat dan selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...