Selasa, 12 Juni 2012

Cobek penyet Bu Aminah.



Aku jadi jatuh cinta sama tempat makan itu karena rekomendasi sepupu, waktu itu pas aku dapat rejeki menang lomba menulis yang diadakan produsen Teh Sariwangi. Kontan aku ditodong traktiran dari kanan kiri. Pada akhirnya kami berangkat seusai maghrib menuju tempat yang ditunjukkan oleh sepupuku tadi. Katanya, masakannya uenak dan nggak bakal nyesel kalau sudah kesana.

Warung tenda dan lesehan terpal itu lokasinya berada di depan pasar Mojoagung Jombang. Hanya buka mulai petang sampai malam hari.
Saat sampai di lokasi.. biyuh biyuuuuh antrinyaaaaaa. Orangnya ramai sehingga harus menunggu lamaaa sekali hingga kami agak ngedumel karena mulai merasa 'kelaparan' :D. Bagaimana tidak, hampir 1 jam lho sodara, kami nunggunya.Duuuh..


Hingga sampailah tiba giliran kami dilayani.




Menu bebek panggang yang kami incar ternyata sudah habis pula, jadi terpaksa kami beralih memesan gurame bakar, makin ngedumel deh. Dengan agak dongkol kami (aku, suami dan anak-anak bareng emak, 3 adek-adek plus 2 sepupu) sama melampiaskan emosi dengan menyantap makanan. Wow, ternyata masterpiece dari Bu aminah ini tidak terletak pada bebek panggang atau gurame panggangnya lho. Yang paling ajib itu sambel penyet cobeknya. Enaaaak banget. Sambel penyetnya itu berisi macam-macam sayuran yang dipenyet. Ada terong, bendoyo krai (bahasa indonesianya apa ya? si bendoyo krai.. ya itu deh di kampungku nyebutnya kayak gitu), kembang turi, kacang panjang (special yang kacang panjang itu tanpa dikukus alias mentah). Macam-macam deh. Sudah gitu tak ketinggalan pula tahu tempe sama teri kecil-kecil yang ikutan dipenyet.

Hmm... percaya atau tidak! mungkin salah satu alasan Bu Aminah tidak membuka cabang dimanapun adalah karena rahasia 'mantap'nya rasa sambel penyet itu terletak pada ulekan jemarinya. Kata orang sih emang begitu, biar pun sama bumbu dan komposisinya tapi kalau beda yang ngulek bakalan nggak sama hasil rasanya. Bener atau enggak teori itu sih aku sendiri kurang tau. Tapi kenyataannya memang Warung Bu aminah itu tidak membuka cabang lain. Hanya ada di depan pasar Mojoagung saja (jika perjalanan Jombang-Surabaya pasti deh melewati rute pasar mojoagung ini, untuk memudahkan mencari lokasi bisa pakai ini lho : streetderectory).

So, jangan lihat bentuk tempatnya yang cuma warung tenda. Orang makan kan yang dicari rasanya. Jadi bener kata sepupuku, setelah merasakan sendiri sambel penyet Bu Aminah  kami sama sekali nggak nyesel sudah antri begitu lama. Selanjutnya, ketika mendapat rejeki lebih aku selalu 'ngerayu' ayahnya Fahri buat jalan kesana "berempat" saja sama anak-anak hehe..

Oh iya, tentang  harganya lumayan terjangkau. Masih standar warung tenda, pasti para pecinta kuliner sudah bisa menebak dan mengira-ngira.
Jadi jika berkesempatan kesana, harus sabar menunggu antrian untuk bisa menikmati 'Mantap'nya sambel penyet langsung dari cobek Bu Aminah. 



Jika membawa anak-anak bisa menunggu sambil naik kereta kuda dengan lampu hias yang putar keliling pasar yang masih ramai meski malam hari.


Jalan-jalan dan makan-makan sekali waktu memang refreshing yang indah. Pulang dengan perut kenyang dan hati senang menerbitkan rasa syukur dan semangat baru untuk mewarnai hari esok dengan karya dan juga ibadah.

Amiiin..
***

Tulisan ini diikut sertakan dalam Lounge Event Blogger Tempat Makan Favorit Blogger

 Maaf, ngambil gambar di malam hari dengan kamera hape yang 'biasa-biasa' aja jadi hasilnya tidak begitu menarik.

15 komentar:

  1. baru juga mau protes gambarnya kok gelap jadi mengurangi kenikmatan sambel virtual hehehe, eehh ada penjelasannya di akhir cerita.
    *penasaran sama bendoyo krai. apa ituuh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bendoyo itu sejenis timun yang biasanya dibuat campuran rujak cuma bedanya direbus/di kukus..

      Hapus
    2. bendoyo krai itu masih sodaranya mentimun mbak. kulitnya lebih hijau, tapi biasanya harus dikukus, di sini sering dijadikan sayur asem bersama kangkung n kacang panjang. Tapi juga kadang dipenyet macam Bu Aminah :)
      kalo mentimun buat lalapan mentah.
      Makasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Kayaknya menarik tu, jadi pingin mencicipi...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup silahkan.. kalau sedang lewat rute jalan jombang-surabaya :)

      Hapus
  3. wah lagi blog walking ternyata ada postingan event BPI... embak binta, aku udah pulish blognya di LOunge BPI urutan 25..

    bisa niah kalau ke jombang nyobain cobek penyet bu aminah,,, oh ya sekeedar saran gimana kalo petanya di rampingin supaya ga terlalu lebar.. caranya di script peta cari kata 'width' pasti ada angka, itu d ubah aja jadi 200.
    semoga bermanfaat mbak..

    sukses selalu
    salam bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh sudah sy cari di script. tapi angkanya tidak bisa diubah.. ga bisa di cut, cuma bisa dicopy :(
      maunya saya dibikin pas sama ruangan gedgetnya. tp gapteeek hehe
      tapi makasih sudah mampir dimari blognya newbie :)

      Hapus
    2. eh alhamdulillah sdh bisa.. makasih yaaa :))

      Hapus
  4. Bingung mau ikutan karena harus pake peta... gaptek bo

    BalasHapus
    Balasan
    1. tggl pasang linknya aja kok mbak

      Hapus
  5. aku ngebayanginnya ngiler bangeeeeet .... lain kali fotoin lagi mbak binta kalau pas makanny sore hari.
    pasti keliatan banget enaknya.. sluurrrpyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke insyaAllah :), makasih sudah berkunjung yaa

      Hapus
  6. Wuihh yang enak tuh sambelnya ada terong plus kacang mentah enaknya, siang2 gini lagi puasa ngebayangin #ups...

    eeehh sayang banget footnya gag keliatan, hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang.. fotonya malem2 hehe..
      makasih sdh mampir :)

      Hapus
  7. Berkunjung dan mengucapkan terimakasih banyak atas partispasi di Lounge Event Blogger Tempat Makan Favorit BPI .

    Tetap semangat, salam bahagia dan sukses selalu
    Info Pemenang Tempat Makan Favorit

    Salam
    Blogger Plus Indonesia (BPI)

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...