Sabtu, 13 April 2013

Optimalkan perkembangan otak plus akhlak buah hati.

Sebagai orang tua sudah sepatutnya kita berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik kepada anak.  Sejak dalam kandungan, saat lahir dan tumbuh kembangnya dimasa usia emas satu hingga lima tahun dan juga kelanjutannya hingga dewasa dan bisa mandiri.

Begitupun saya sebagai ibu dari 2 anak yang alhamdulillah terlahir sehat tanpa cacat fisik. Semenjak dalam kandungan saya berusaha memberikan yang terbaik, selain menurut pada nasehat-nasehat orang tua, calon kakek dan nenek anak dalam kandungan saya, tetap saya juga menyaring info yang masuk, tak semua nasehat saya telan bulat-bulat kemudian saya aplikasikan. Saya juga mencari penyeimbang info yang bertumpu kepada ilmu pengetahuan ilmiah dan hasil penelitian yang akurat.

Menurut info yang saya baca, kecerdasan anak itu bisa diusahakan semenjak ia masih di dalam kandungan. Untuk perkembangan otak anak, sejak dalam kandungan ibu bisa mensuplai nutrisi makanan yang bermanfaat untuk mengoptimalkan janin tumbuh maksimal di rahim ibu.


 DHA (Asam Dokosaheksaenoat), EPA (Asam Eikosapentaenoat), AA (Asam Arakhidonat), ketiganya adalah golongan asam lemak esensial tak jenuh yang sangat penting bagi perkembangan otak janin dan masa emas pertumbuhannya ketika kelak ia sudah lahir. DHA dan EPA biasa dikenal juga dengan omega 3, sementara AA dikenal dengan omega 6. Kombinasi omega 3 dan 6 juga dipercaya mampu meningkatkan kemampuan visual bayi. Sehingga bayi yang berkecukupan omega 3 dipercaya mempunyai kecerdasan lebih tinggi dibandingkan yang kurang atau tidak mendapat asupan tersebut.

Sumber omega 3 dan omega 6 kebanyakan berasal dari berbagai jenis ikan, seperti ikan cod, salmon, tuna, bandeng, ikan air tawar, kepiting, kerang dan telur.

Ketika masih dalam kandungan banyak mengkonsumsi jenis makanan atau olahan dari bahan tersebut akan sangat membantu pertumbuhan otak janin, kemudian dilanjut janin sudah lahir maka ASI adalah makanan terbaik, dalam banyak penelitian sudah dibuktikan kandungan di dalamnya juga terdapat DHA dan segala apa yang dibutuhkan untuk kebaikan bayi ada di dalamnya. Selanjutnya setelah disapih? saat itulah saya merasa perlu memberikan makanan tambahan dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang otaknya. Saya berupaya mengoptimalkan perkembangan otak anak-anak balita saya dengan memberikan gizi dan vitamin yang dibutuhkannya semenjak dini, saat mereka lepas dari ASI.

Sekarang sudah ada vitamin untuk anak Seven seas yang bisa memenuhi kebutuhan para ibu yang ingin mensuplai manfaat DHA untuk mengoptimalkan kecerdasan buah hatinya. Selain mengandung DHA dan EPA yang pas porsinya untuk kebutuhan anak, Seven seas juga berbahan dasar minyak hati ikan cod dari perairan atlantik yang bebas dari pencemaran. Tambahannya juga bukan hanya 1 vitamin namun multivitamin yang lengkap untuk penunjang kebutuhan pertumbuhan fisik anak. Rasanya juga dari sari jeruk yang bebas pewarna dan perasa sehingga aman dan disukai anak-anak.



Nah, ketika fisik dan otak mendapat perhatian ekstra untuk mengoptimalkan perkembangannya, jangan lupa juga pada perkembangan ruhani sang anak. Bagaimana perkembangan akhlak dan emosinya juga penting untuk diotimalkan ke arah yang positif, agar kelak ia tak hanya menjadi anak sehat dan cerdas saja namun juga berakhlak baik dan berguna bagi sesama manusia.

Kami sebagai orang tua juga berusaha sejak dini untuk mengoptimalkan kecerdasan emosi dan ruhani anak-anak. Besar harapan kami selain tubuh dan otaknya yang sehat, ruh dan jiwanya juga sehat, punya daya tahan tangguh agar tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya dari lingkungan sekitar.

Jika pada tulisan diatas saya sudah sharing tentang cara-cara mengotimalkan kecerdasan otak sejak dalam kandungan hingga balita. Maka saya ingin juga sharing tentang cara-cara mengoptimalkan kesehatan akhlak untuk anak-anak, tentu saja berdasarkan pengalaman pribadi dan juga nasehat-nasehat orang bijak dan pakarnya yang saya upayakan untuk mempraktekkannnya di rumah.

Sejak dalam kandungan saya tidak memperdengarkan musik-musik klasik sebagaimana saran yang sering tedengar. Alasannya sederhana, saya hanya ingin yang didengarkan ke calon anak saya adalah musik yang bisa didengar liriknya. Kebanyakan musik klasik yang sarankan seprti mozart dan bethoven kan hanya instrumennya saja tanpa lirik, kenapa tidak sekalian saja memperdengarkan nada sekaligus lirik-lirik yang inspiratif? jadi yang paling sering saya perdengarkan pada janin saya saat hamil dulu adalah murottal qur'an, lantunan sholawat, atau lagu-lagu nada lembut yang liriknya bagus dan mengandung nasehat kebaikan, dengan keyakinan bahwa calon anak saya bisa mendengar dan menyimpan pesan-pesan terselubung dalam nada dan lirik yang saya perdengarkan.

Dan setelah anak-anak saya lahir, menjalankan misi menyehatkan jiwa mereka juga harus semakin gencar. Karena panca indera mereka sudah sempurna berfungsi semuanya maka kami sebagai orang tua harus memberi contoh tingkah laku yang baik. Menyediakan lingkungan, tontonan, bacaan dan apapun yang bisa dicerna dan diserap oleh anak-anak dengan yang baik-baik.

Saya melihat sendiri bagaimana Fahri dan Zahra dalam usia tumbuh kembangnya benar-benar menjadi peniru yang ulung. Kami memang bukan orang tua yang sempurna, terkadang terpeleset juga berprilaku tak layak ditiru seperti lepas kontrol ketika marah atau bercanda. Maka kami juga mengusahakan memperbaikinya dengan minta maaf dan meralat apa saja yang terlanjur terjadi untuk mengarahkan pemahaman mereka menjadi lebih baik.

Fahri dan Zahra si peniru ulung yang suka menirukan gaya pelukan ala teletubies. 


Kalau disimpulkan dari pengalaman saya pribadi tentang mengoptimalkan perkembangan akhlak seorang anak adalah : contohkan dan sediakan segala yang baik-baik. Itu saja, dan melakukannya tak cukup sehari namun harus kontinyu sepanjang waktu kebersamaan kita dengan buah hati. Bersamaan dengan kita orang tua untuk sepanjang waktu terus belajar memperbaiki diri.

***


tulisan ini diikutkan dalam kontes blog "Moms and baby's diary" yang diadakan oleh Vitamin Seven Seas.

Refrensi :
1. http://sevenseas.co.id/index.php?option=com_products
2. http://babyorchestra.wordpress.com/tag/manfaat-dha-untuk-kecerdasan-janin/
3. http://www.anakibu.com/anak/kesehatan-anak-anak/manfaat-dha-omega-3-dan-omega-6-bagi-ibu-hamil-dan-janin/


4 komentar:

  1. ulasannya detail banget, mirip benar dengan marketing asli seven seas,
    selamat berlomba ya...salam sukses selalu :-)

    BalasHapus
  2. Betul mba, harus cerdas akhlaknya juga :-)

    BalasHapus
  3. semoga kali ini Mbak Binta jd pemenangnya. Aamiin :)

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...