Sabtu, 07 September 2013

Zahra dan Kebiasaan Anehnya

Zahra, bocah perempuan kecil saya itu punya kebiasaan 'ngusuh' kata orang jawa. Itu adalah kebiasaan orang tua yang sudah sangat tua, suka aneh mengumpulkan barang-barang -yang menurut orang kebanyakan dianggap tak berguna- semacam puntung rokok, kemasan makanan, botol bekas minuman dan lain-lain, barang-barang itu dikumpulkan bukan karena sedang kerja sebagai pemulung.  Seringnya barang-barang itu ditaruh dekat tempat tidur, tempat duduk atau tempat manapun yang dirasa paling nyaman dan selalu terlihat olehnya.

Tapi 'ngusuh' ala Zahra ini nggak terlalu parah sih. Dia nggak tertarik mengumpulkan barang-barang yang kotor. Dia cuma suka mengumpulkan kertas-kertas yang gambarnya menarik, kertas apa saja termasuk lebel merek baju, bekas kemasan bedak, obat batuk atau apa saja. Semua barang itu meski saya sapu, coba buang tetep saja diambil lagi dan ditaruh dekat tempat tidurnya :D .. kalau sudah terlalu menumpuk saya harus membuang dan membakarnya saat dia tidur. nangis sih pas nyadar barang 'koleksi'nya berkurang tapi ya sebentar saja abis itu lupa dan mulai ngumpulin lagi. Huhu..


Jadi sebenarnya dia itu sukaaa sekali dengan tampilan kertas yang bergambar-gambar menarik sehingga merasa sayang untuk membuangnya. (apalagi merah muda, favorit sekali dia sama warna itu). Sehingga beberapa kali saya belikan picbook, buku-buku yang banyak gambar tapi tulisan sedikit.

Wah dia juga seneng banget dengan buku.
Yang menarik adalah saat kemarin saya belikan picbook dari mbak Lia Herliana, si Zahra seperti orang jatuh cinta saja. Salah satu seri picbooknya perjudul -AKU SUKA SPAGETI- dan ndilalah tokohnya bernama Zahra dan Naura. Sebelum masuk TK, Anak saya itu sudah mengenal huruf meski belum bisa membaca gabungan huruf. Dan dia sudah bisa menulis namanya sendiri dan hafal diluar kepala. Jadi Zahra langsung mengenali tulisan namanya ada di dalam buku itu hihihi ge-eeeer sekali dia. Berulang kali minta dibacain cerita di dalam picbook itu.

Ceritanya sederhana tapi bagus. Yaitu tentang Naura yang saking sukanya sama spageti makannya berlebihan. Berlebihan juga nggak bagus kan, jadi akhirnya dia jadi sakit perut.

Makan dan minumlah tapi jangan berlebihan... itulah pesan manisnya...

Eh tapi.. tapii.. namanya anak-anak ya, cerita yang masuk di dalam memori otaknya itu kok ya dijadikan 'senjata' kalau dia malas makan dia bilang sambil sok menasehati.." Loh, Buk katanya gak boleh maem banyak banyak nanti perutnya sakit kayak mbah Naura.." haduuuh dasar pintar memutar kata hehehe..

Yup berarti dia bener-bener sayang sama picbook itu sampe-sampe alur ceritanya dia hafal diluar kepala dan tetep sering dibawa-bawa sampe dikelonin saat tidur. Makasih ya, Bude Lia :)

***






Ohya, picbook seperti punya Zahra itu ada 6 seri akhlak anak muslim. Penerbit Tiga Ananda (Imprint Tiga Serangkai). Jika berminat boleh langsung inbok ke penulisnya mbak Lia Herliana 

9 komentar:

  1. Kalau anak yang sedang memutar balik kan kata, apalah daya orang tua :D

    BalasHapus
  2. Kebiasaan yang unik. Wah, picbooknya cocok juga buat Nai nih :D

    BalasHapus
  3. wkwkwk biasa setiap anak kecil mempunyai kebiasaan tersendiri dan bikin tertawa :D

    BalasHapus
  4. Makasiih makasiiih *peyuk Zahra dan emaknya

    BalasHapus
  5. hehe, iya juga ya, kadang cerita yang ada di buku dijadikan penyangkalan ketika mereka pengen protes :D

    BalasHapus
  6. saya baru tahu ttg kebiasaan itu. seumuran ini saya gak pernah ngeliat dan baca ttg kebiasaan "ngusuh" itu. eh ini posting buat lomba gak? soalnya blog ini sering dipakai lomba. he

    BalasHapus
  7. mbak fenni : iya apalah daya hehe
    mbk oci : iya picbooknya apik.. colek aja bunda lia ;)
    pulau tidung : iya hehe
    bunda nidzihai : peluk juga budee :))
    ila : pinter kan anakkuuu hehe
    rusydi : kebiasaan itu emang ada, meski ga smua orang sepuh seperti itu.. bukan buat lomba kok hehehe.. makasih sdh mampir :)

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...