Senin, 21 Juli 2014

Belanja Niat Sedekah

Bulan Ramadhan bagi kebanyakan orang identik dengan bulan belanja, bulan yang dipastikan biaya untuk keperluan belanja menjadi naik dua kali lipat atau bahkan berkali lipat. Pakar perencanaan keuangan biasanya menganggap buruk kebiasaan tersebut dan memberikan teori untuk membatasi pengeluaran dan menekan biaya.

Padahal belanja Ramadhan itu ada kalanya bukanlah karena konsumtif dan lapar mata. Namun untuk melengkapi kebahagiaan yang adanya hanya pada momen bulan puasa dan lebaran. Seperti belanja membelikan anak-anak baju dan sandal baru, atau belanja makanan untuk dibagi-bagikan kepada sanak kerabat jelang hari raya atau saat mudik. Jika sebelumnya sudah menabung untuk keperluan tersebut maka tak ada salahnya belanja.

Dan lagi banyak pedagang menantikan momen-momen puasa dan lebaran demi meraup laba yang lebih dari bulan-bulan biasa. Mereka juga ingin melengkapi kebahagiaan menyambut lebaran. Saat belanja bisa kita niatkan sedekah, berbagi rejeki dan kebahagiaan kepada sesama. Tak semua orang bisa mudah membeli baju baru setiap saat, kalau membeli dengan menepatkan momen jelang lebaran bukanlah hal konsumtif, tapi keinginan yang wajar untuk merasa bahagia di hari raya.

Asalkan tidak berlebih-lebihan dan membeli memakai uang dari hasil pekerjaan legal, halal dan juga tidak memaksakan dengan berhutang, sesungguhnya belanja Ramadhan bisa diniatkan sedekah dan berbagi kebahagiaan untuk sesama.(*)

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Tulisan yang sedianya saya kirimkan untuk media, Rubrik GAGASAN di JawaPos. Tapi ternyata tidak lolos ya sudah... posting disini aja :D mumpung masih pas momemnya ^^








7 komentar:

  1. ramadhan identik dengan berburu diskon,ngemoll dan belanja belinji hehehe...sekedarnya,kan berelbeihan juga nggak baik ^^

    BalasHapus
  2. iya mbak.. kalau ibuku suka bgt beli di mbah2 tua yang kayanya gak ada yg mbeli...katanya niatnya sodaqoh hihihihihi

    BalasHapus
  3. ya ya ya .. belanja untuk sedekah

    BalasHapus
  4. belanja untuk sedekah ide yang bagus ..

    BalasHapus
  5. Halo, Kakak, ikutan projek bikinanku yuk! Kita seru-seruan bareng untuk berbagi cerita di bulan September nanti. Tertarik ikutan? Ayo, pssst... ajak juga teman-teman lainnya untuk ikut seseruan bareng. Yuk!

    #EmotionalSeptemberProject: Ikutan Yuk!

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  6. bagus mbak artikelnya inspiratif sekali,mengajak belanja untuk sedekah

    BalasHapus
  7. sangat membantuu sekalii apalagi kmrn kan baru beres bulan ramadhan

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...