Rabu, 30 Maret 2011

RUMAH BUAT ADI

Seperti biasa, ketika Mama sedang sibuk mengetik di depan laptop Adi selalu ikut bergelayut di punggung Mama. Kadang-kadang juga menunggui disamping Mama dan terus melihat Mama mengetik. Namun yang lebih sering adalah meminta main game ikan frending frenzy.

“Aduh Adi... punggung Mama sakit sayang, duduk disini saja disamping Mama...” ucap Mama, Adi pun menurut karena melihat wajah Mamanya menahan sakit dipunggungnya.

“Adi, mau nggak Mama buatkan rumah disini...?” tanya Mama sambil menunjukkan jarinya ke arah layar laptop. Adi mengerutkan kening tak mengerti.

“Adi sudah bisa menulis kan sayang, kan sudah kelas lima...?” Adi mengangguk mantap.

“Nah, disini bisa membuat rumah untuk Adi. Nanti Adi bisa menulis apa saja disana. Bermain kerumah teman, atau mengundang teman bermain ke rumah Adi..” cerita Mama.

“Disana itu dimana sih Ma?” tanya Adi masih kurang mengerti.

“Dunia maya sayang, disana bisa terhubung dengan banyak teman lewat internet.” Mama terus menjelaskan. Adi mulai faham sedikit demi sedikit.

“Apakah seperti fesbuk yang sering dibicarakan teman-teman itu ya..?”

“Iya hampir seperti itu, tapi rumah maya yang mama maksudkan ini bernama blog atau multiply. Tidak seperti facebook, disana bisa membentuk rumah kita lebih cantik dengan gambar atau animasi yang kita suka,” Adi mengangguk mendengar penjelasan Mama.

“Bagaimana..? Adi mau dibuatkan rumah?” tanya Mama lagi.

“Mauuuu..” jawab Adi riang.

“Tapi nanti Adi menulis apa?” tanya Adi.

“Menulis apa saja... tentang apa yang Adi alami hari ini, pantun-pantun kesukaan Adi, atau hobi Adi tebak-tebakan semua boleh ditulis.” jawab Mama sambil tersenyum.

“Wah... berarti Adi nanti boleh ya menjadi penulis cerita seperti Mama?” tanya Adi lagi.

“Tentu saja boleh sayang, banyaklah membaca dan latihan menulis... pasti Adi bisa.” Ucap mama sembari jari-jarinya terus menari diatas keyboard. Sementara Adi terus menatap pada layar yang berubah-ubah bentuk dan warnanya.
Beberapa waktu kemudian...

“Nah ini rumahnya Adi sudah jadi... Adi boleh masuk dan menulis sekarang!” segera setelah itu Mama dan Adi bertukar tempat.
Adi sangat gembira melihat ‘rumah’ buatan Mamanya. Dengan gambar spiderman yang sedang melompat di bagian atas dan jaring laba-laba di bagian bawah dan pinggirnya.

“Ayo sekarang mama ajarkan cara-cara memasukkan tulisan ya..!” ucap Mama. Setelah itu mereka terlihat asyik mungutak atik keyboard. Jari-jari Adi mulai lincah menari-nari mengikuti gerakan Mama.
Sejak saat itu Adi menjadi lebih sering bermain dan menulis di rumah buatan Mamanya. Sudah jarang bermain game lagi, Mama pun senang melihatnya.
Dan pada suatu sore, saat Mama menengok rumah Adi. Mendapati beberapa baris kata yang ditulis Adi.

Aku melihat matahari
Pada pagi hari,
Siang hari,
Sore hari ketika tidak mendung.
Namun aku melihat Mama
Pada pagi hari,
Siang hari,
Sore hari,
Juga malam hari dengan dongeng indahnya.
Maka aku mencintai Mama
Melebihi matahari...

Mama menangis sambil tersenyum karena terharu membacanya. Dalam hati berdo’a semoga rumah Maya itu bermanfaat buat Adi yang disayanginya.

3 komentar:

  1. Huwaaa... kalau aku punya anak nanti, aku juga pengen ia bisa menulis dan mencintai buku :)

    BalasHapus
  2. wah makasih ya sudah mampir.. saya sendiri sudah lama ga nengok rumah ini hihi.. tulisan di atas buat lomba di sarikata.com

    BalasHapus
  3. semoga dg adanya lomba, akan terus menyemangatkan blogging

    BalasHapus

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...