Jumat, 03 Desember 2010

KISS 2 : PASWORD

Ada fenomena menarik dan unik. Namun mungkin bagi sebagian kalangan adalah pemandangan yang ‘eneQ’.
Sebenarnya hanya cerita biasa. Namun aku menganggapnya agak luar biasa. Saat peristiwa-peristiwa itu sudah terlewatkan tiba-tiba saja menjadi moment indah yang rindu untuk mengulang kembali.
Santri di belahan pondok manapun. Tentulah hidup jauh dari orang tua dan sanak saudara. Mau tak mau segala sesuatu harus dilakukan sendiri. Untuk memenuhi semua kebutuhannya. Meniti hari-hari dengan rangkaian keluarga baru yaitu teman senasib, selorong dan seperjuangan yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Bersama sepikul sebeban dalam satu atap. Lalu lalang hilir mudik beraktivitas. Kesemuanya berporos pada satu titik... Ta’allum ulumuddiin.
Setelah hari kian bertambah. Ada ras rindu yang singgah.
“Mbak Sumi.. disambang Ibunya...!” pucuk dicita sambangan pun tiba. Hatipun berbunga.
Untuk buah hati, apapun jadi. Ibunya Sumini yang dari kampung pelosok, sejak jam tiga pagi sudah bangun untuk mempersipkan segala sesuatunya. Dari menanak nasi lebih banyak dari porsi biasanya sampai membuat lauk istimewa yang jarang-jarang pula mereka memakannya. Semua dibungkus, dimasukkan kardus, diikat rapat dengan ravia, ditenteng dengan hati gembira dan naik bus hingga sampai ketempat tujuan.
“Oalah Nduk... kok tambah lemu aee...” sang Ibu mencubit gemas pipi Sumini. Sumini nyengir sambil mengucek matanya.
“Piye sekolahe Nduk..?” bla...bla...bla... formalitas dua kerinduan yang dipertemukan.
.........................
“Belajar sing tenanan yo Nduk...” pesan dan harapan semua orang tua yang memondokkan anaknya. Sumi mengangguk. Ia mencium punggung tangan Ibunya dengan takdhim. Hatinya sumringah memandang kardus yang dibawakan Ibunya.
Setelah mengantar Ibu sampai ke gerbang. Bergegas Sumi mebuka bawaan Ibunya. Beberapa bungkus nasi dengan lauk ayam lodeh kesukaannya, setandan pisang dan beberapa bungkus mie instan. Dan dengan bungkus paten daun pisang, Sumi menata nasi dan lauknya membantuk bundaran datar dengan aroma menggugah selera.
Rezeki tak pernah direncanakan. Datang tanpa diduga. Semua santri yang ada di kamar itu tinggal menunggu kata kunci.
“Mbaaaak...!! monggo sedanten....!!” ucap keras Sumi. Wow... suasana yang asalnya tenang dan teratur langsung berubah drastis.
Bagi anda pembaca yang sudah pernah merasakan menjadi santri pasti sudah bisa membayangkan. Tapi bagi anda yang belum pernah punya pengalaman menjadi santri.... coba anda lihatlah sekumpulan ayam yang tiba-tiba disuguhi segenggam jagung... yaa, kurang lebih seperti itulah pemandangannya... he he.
Satu mulut untuk mendapatkan satu suapan harus berdesakan dorong-mendorong, tarik menarik dengan penuh perjuangan.
“Mbak Sumi... matur suwuuun....”
“Mbak yang ngasih...suwuuun”.....
“Iyo mbak sepurane ra ono lawuhe....” basa basi tulus mengakhiri adegan itu.
“Mbak.... monggo sedanten...!!!” terdengar pasword lagi dari arah pojok. Kaki yang sedianya akan melangkah pergi berbalik cepat menuju asal suara...tapi....
Tak ada apa-apa di pojokan. Cuma ada Sulis si santri jail yang sedang menggaruk kepalanya.
“Hehehe... monggo sedanten bancakan tumo-ku.... hehehe...”
“Huuuuu...” semua kecelee dan menggerutu. sulis tertawa puas. Ide usilnya sukses.
Ada-ada saja,
Aku jadi teringat dawuhnya Yai.. -lauknya orang makan itu Cuma ada 3 : badan sehat, perut lapar dan pikiran tenang- kiranya jika aku boleh menambah. Akan ada satu lagi yang menambah nikmat yaitu... -makan keroyokan-....

Bint@ al-MamBa
Di depan komplek E2
Rumah Lantany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu adalah penyambung silaturrahmi kita, maka jangan ragu meninggalkan jejak :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...